5 Langkah Dalam Pembuatan Video Company Profile

man using computer

leadmarket.id – Pembuatan video company profile adalah sesuatu yang tidak mudah. Keseluruhan nilai jual, brand dan kelebihan dari suatu perusahaan harus bisa disampaikan dalam satu video yang berdurasi cukup singkat. Tapi, dengan popularitas konten berformat video, memiliki profil perusahaan menjadi sebuah kewajiban di era sekarang ini.

Dalam proses pembuatannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari masa pra-produksi, masa produksi, pasca produksi hingga distribusi. Tidak jarang perusahaan juga mempercayakan jasa pembuatan video company profile pada agensi digital marketing untuk hasil yang lebih maksimal. Berikut ini Kreasiku telah merangkum 5 langkah dalam dalam pembuatan video company profile untuk bisnis Anda.

1. Pre-Production

Pre-Production atau Pra-Produksi adalah masa yang paling penting dan biasanya memakan waktu paling lama. Di masa inilah terjadinya brainstorming untuk ide, pemilih objektif, penulisan skrip hingga pemilihan talent.

Konsep Dasar yang Matang. 
Konsep dasar bisa meliputi storyline dan storyboard, keduanya akan menjadi rancangan kasar tentang keseluruhan video. Dalam konsep dasar juga harus ada naskah yang kuat sehingga bisa menyampaikan pesan yang tepat kepada para penonton.

Pada tahap ini, konsep akhir haruslah bisa mencerminkan nilai perusahaan tapi di saat yang bersamaan juga masih bisa dinikmati oleh para penonton.

2. Perencanaan

Setelah konsep dasar matang dan disepakati oleh semua pihak yang terlibat, maka hal berikutnya yang harus dilakukan di masa pra-produksi adalah perencanaan, terutama perencanaan biaya atau budget.

Budget haruslah sesuai dengan hasil akhir yang diinginkan dan mencakup semua elemen termasuk:
– Tim produksi
– Peralatan produksi
– Sewa lokasi (jika ada)
– Talent
Dalam tahap perencanaan ini pula, harus ditentukan mengenai skenario, detail pengambilan gambar bahkan hingga properti tambahan yang akan diperlukan. Jika memang diperlukan surat ijin tertentu sebelum melakukan proses shooting, semuanya harus sudah dipersiapkan di masa pra-produksi ini.

3. Production

Masa ini termasuk yang paling singkat tapi sekaligus vital. Semua hasil dari hari-hari produksi haruslah sesuai dengan perencanaan dan naskah yang sudah dibuat di masa pra-produksi. Masa production ini biasanya terbagi menjadi dua bagian:
produksi company profile

Produksi video company profile

Briefing
Briefing diperlukan untuk menyakinkan kembali semua elemen yang terlibat bahwa semuanya sudah paham dengan peran masing-masing, alur cerita naskah dan hasil akhirnya yang diinginkan dari masa produksi ini. Briefing ini biasanya dilakukan oleh sutradara pembuatan video company profile dan melibatkan talent, kru produksi hingga produser.

Pengambilan Gambar
Fase ini merupakan yang paling vital dalam sebuah pembuatan video company profile. Semua elemen harus bekerjasama untuk mendapatkan hasil gambar yang sesuai dengan skenario, perencanaan dan budget.
Sangat disarankan untuk melakukan pengambilan gambar sebanyak-banyaknya untuk sehingga editor video tidak kekurangan bahan dalam melakukan editing di fase berikutnya.

4. Post-Production

Masa Post-Production atau Pasca Produksi adalah masa dimana gambar-gambar yang didapatkan saat waktu pengambilan gambar disatukan untuk disunting.

Editing

Seluruh gambar yang didapatkan dari pengambilan gambar akan disunting, menyesuaikan dengan skenario yang sudah dibuat di masa pra produksi. Proses editing bukan hanya untuk memastikan bahwa video bisa sesuai dengan skrip yang sudah ditulis, tapi juga memiliki mood warna dan keseimbangan audio yang sesuai dengan tujuan awal pembuatan video company profile. Elemen-elemen lainnya seperti voice over dan elemen tambahan lainnya juga bisa ditambahkan pada proses editing ini.

5. Distribution

Distribusi adalah langkah yang sering dilupakan oleh banyak bisnis setelah pembuatan video company profile. Video yang sudah dibuat, haruslah didistribusikan melalui channel resmi perusahaan sehingga bisa menjangkau audience yang tepat.

Channel distribusi yang bisa digunakan diantaranya:
– Sosial Media resmi Perusahaan
– Website Perusahaan
– Channel YouTube Perusahaan

baca juga :
Kenali Pentingnya Branding Untuk Strategi Marketing yang Sukses Bagi Bisnis Anda
Mengapa Menggunakan Digital Marketing Agency Lebih Menguntungkan Daripada Hire Karyawan Sendiri ?

Itulah 5 hal yang perlu diperhatikan saat pembuatan video company profile bisnis Anda. Dimulai dengan proses pra-produksi seperti pembuatan konsep dasar dan perencanaan yang matang, kemudian dilanjutkan dengan pengambilan gambar dan editing. Dan setelah selesai, video pun harus didistribusikan ke publik sehingga memenuhi kegunaannya sebagai media promosi, marketing dan branding.

Leave a Comment

Your email address will not be published.