BEGINI CARA TARGETING AUDIENCE YANG MERUPAKAN ASPEK PENTING

target audience

leadmarket.id – Saat ini, metode pemasaran terus bergeser dan berkembang. Ada banyak variasi metode pemasaran yang bisa dilakukan, termasuk pemasaran secara digital. Metode pemasaran ini dianggap sebagai cara tercepat untuk menjangkau customer yang sudah ada serta customer potensial dibandingkan dengan metode lainnya.

Ketika kamu hendak membuat rencana pemasaran digital, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan yaitu budget, tujuan, serta hal terpenting untuk meraih kesuksesan dalam bisnis adalah mengetahui target audience. Adapun yang dimaksud dengan audience adalah sekelompok orang yang memiliki masalah, tujuan, serta minat yang sama. Mereka membutuhkan produk atau jasa dari bisnismu untuk memecahkan masalah, keinginan, ataupun kebutuhannya. Dengan kata lain, audience adalah orang-orang yang akan tertarik atau membutuhkan apapun yang ditawarkan oleh bisnismu.

Penentuan target audience ini nantinya dapat menjadi guide untuk setiap keputusan yang kamu buat. Seperti penentuan media apa yang digunakan, memulai marketing campaign, jenis pesan seperti apa yang disampaikan, serta pemilihan waktu yang tepat untuk menyampaikan pesan. Apabila kamu tidak bisa menargetkan audience dengan spesifik, maka campaign kamu akan berjalan sia-sia. Tentunya kamu tidak mau hal ini terjadi, bukan?

Setiap brand tentunya memiliki target audience yang berbeda. Hal yang menentukan target audience adalah produk atau jasa apa yang kamu jual. Misalnya kalau kamu menjual produk sepatu. Tentunya target audience yang kamu miliki akan sangat luas. Sebab setiap orang termasuk pria, wanita, dan anak-anak membutuhkan sepatu. Lain halnya apabila kamu menjual produk sepatu running, target audience kamu akan lebih spesifik. Seperti orang berusia 20-40 tahun yang gemar berolahraga, memiliki gaya hidup sehat dan rutin mengikuti kompetisi maraton.

target audience di bisnis

Cara Menentukan Audience yang Tepat

Keberhasilan sebuah campaign marketing yang kamu jalankan pun akan sangat bergantung pada pemilihan target audience. Dilansir dari marketingevolution.com, sebanyak $37 miliar terbuang sia-sia karena para pemilik brand tidak bisa menentukan jenis iklan yang sesuai dengan target audiencenya. Ini membuktikan kalau audience adalah aspek yang sangat vital dalam perjalanan bisnismu, terlebih dalam dunia digital marketing.

Agar kamu bisa memetakan target audience secara spesifik, terdapat beberapa hal yang perlu kamu lakukan. Mulai dari mengidentifikasi umur audience, lokasi, hal apa yang mereka gemari, range penghasilan, device seperti apa yang mereka gunakan, dan sebagainya. Semakin banyak aspek yang kamu identifikasi, semakin terperinci juga informasi mengenai target audience yang kamu punya. Sebab manfaat dari identifikasi audience adalah menentukan target yang tepat untuk bisnismu, sehingga pemasaran bisa dilakukan secara efektif. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menentukan target audience yang tepat:

  1. Analisis kompetitor bisnismu

    Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menentukan target audience dengan tepat adalah dengan melihat kompetitor bisnismu. Ketahui bagaimana cara kompetitor bisnismu memasarkan produk pada audience yang potensial, kemudian mengevaluasi metode yang mereka lakukan. Melalui hal ini, kamu bisa lebih mudah untuk menemukan cara agar terlihat lebih menonjol dibandingkan kompetitor. Salah satu cara untuk mengetahui audience adalah memanfaatkan media sosial.
    Apabila kompetitor kamu menjalankan iklan pada platform Facebook, kamu bisa mengumpulkan informasi mengenai demografis audience dengan mudah. Hal ini bisa dilakukan dengan meng-klik tombol di sisi kanan bawah iklan mereka, dan klik “Mengapa saya melihat ini”, selanjutnya kamu bisa melihat demografis yang di-set oleh kompetitor pada iklan tersebut. Mudah sekali, kan?

  2. Ketahui pain points yang dimiliki audience

    Pain points audience adalah salah satu aspek penting yang membuat mereka membutuhkan produk atau jasa bisnismu. Sangat penting untuk memahami dengan jelas perspektif dari para audience. Apa yang cocok untuk mereka, dan hal seperti apa yang kurang cocok. Hal yang perlu kamu lakukan untuk mengetahui pain points ataupun keinginan para audience adalah dengan menempatkan diri kamu pada posisi mereka.
    Kamu bisa menggunakan database customer yang ada, lalu melihat perilaku dan pengalaman yang mereka rasakan sebelumnya untuk mengetahui masalah yang dapat dipecahkan oleh produkmu. Kamu bisa mulai memecahkan kesulitan paling besar yang dialami oleh para audience. Misalnya kamu memiliki produk berupa susu rendah kalori, tentunya target audience yang bisa kamu pilih adalah orang-orang yang tidak ingin gemuk atau sedang menjalani diet tapi tetap ingin mendapatkan protein yang cukup.

  3. Selalu lakukan riset

    Riset dalam pemasaran digital akan selalu berjalan beriringan. Jadikan riset sebagai cara yang ampuh untuk mempelajari lebih lanjut karakteristik dari audience juga produk atau jasa yang kamu tawarkan. Penting diingat, bahwa semakin banyak hal yang kamu ketahui tentang audience utama, semakin besar pula peluang kesuksesan bisnismu bisa tercapai.

Strategi Penargetan Audience untuk Bisnismu

Menentukan target audience adalah hal yang tidak bisa dianggap mudah. Baik kamu menjalani bisnis skala kecil ataupun besar yang berfokus pada digital marketing, kamu perlu membuat strategi penargetan audience dengan baik. Oleh karena itu, kami telah menyusun 4 strategi yang bisa kamu lakukan untuk menargetkan audience bisnismu. Yuk simak ulasannya!

  1. Targeting berdasarkan lokasi

    Cara pertama untuk menentukan audience adalah dengan melihat lokasi audience tersebut. Kamu bisa memfokuskan area geografis yang spesifik mulai dari negara, kota, bahkan kode pos audience. Pemilihan lokasi ini tentunya perlu dilihat juga dari lokasi brand kamu berada juga karakteristik penduduk di wilayah tersebut, apakah mereka adalah orang yang benar-benar membutuhkan produk dari brand kamu atau bukan.
    Sebagai contoh, bisnismu menyediakan produk permainan virtual reality (VR). Tentunya target audience kamu akan berada di wilayah kota-kota besar yang memiliki banyak peminat, bukan di wilayah pedesaan arena mereka belum terlalu familiar dengan permainan virtual reality.

  2. Targeting berdasarkan demografis

    Pemilihan audience berdasarkan demografis memungkinkan kamu untuk memilih karakteristik mereka yang relevan dengan bisnismu. Semakin spesifik kamu dalam menentukan target audience, semakin besar pula peluang agar kamu bisa menjangkau audience yang tepat. Hal-hal yang mencakup dalam targeting audience adalah aspek gender, usia, bahasa yang digunakan, juga kegemaran yang mereka miliki.

  3. Targeting berdasarkan gaya hidup

    Selanjutnya cara ketiga untuk menentukan audience adalah dengan melihat gaya hidup yang mereka jalani. Audience ini biasanya sangat terfokus pada topik-topik tertentu. Dengan melakukan targeting ini, kamu bisa menjangkau audience paling relevan untuk penawaran produk atau jasa tertentu. Targeting secara gaya hidup ini sangat bagus untuk membangun brand awareness.

  4. Targeting audience yang serupa

    Audience yang serupa adalah strategi penargetan yang sangat membantu dalam mencari audience baru. Kamu akan menemukan audience baru seperti audience bisnismu saat ini. Targeting ini sangat cocok dilakukan untuk bisnismu yang sudah memiliki database customer sehingga penargetan dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Bagaimana? Sudah mulai mengerti betapa pentingnya target audience dalam bisnis kamu? Apabila kamu masih merasa kesulitan untuk melakukan riset serta menentukan penargetan yang spesifik, kamu tidak perlu khawatir karena ada digital marketing agency leadmarket.id. yang siap membantu! Kami merupakan agency digital marketing yang telah berpengalaman dalam menjalankan campaign marketing, termasuk melakukan penargetan audience dengan tepat. Ayo segera konsultasikan kebutuhan bisnismu pada tim kami !

Bawa Bisnis Anda Ke Puncak Kesuksesan dengan
Strategi Digital Marketing Yang Tepat.
– Chat Whatsapp – 

<- Kasih Bintang Kak

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.