Ketahui Trend & Fakta Digital Marketing 2022 Untuk Bisnis

trend digital marketing 2022 untuk meningkatkan omset bisnis Anda

5 Tren dan Fakta Digital marketing di Tahun 2022 – Dunia Digital marketing berubah cepat. Mengejar tren marketing ini bisa menghasilkan gol jangka pendek. Untuk jangka panjang anda butuh Pondasi yang lebih kuat yaitu strategi yang udah teruji sebelumnya dan diprediksi tetap teruji ke depannya. Tapi selalu ada baru dalam dunia Digital marketing yang itu bisa jadi strategi untuk jangka panjang. Untuk itulah Anda harus mengetahui seperti apa sih Trend Digital marketing di Tahun 2022 ini. Yuk kita mulai…

Digital marketing agency tangerang selatan

1. Search Intent

Nah ini berhubungan dengan mesin pencari Google. Google selalu melakukan upgrade sistem untuk lebih mengerti apa sih maksud dari sebuah kata pencarian dan kategori Informasi apa sih yang dicari oleh penggunanya. Contoh Google menampilkan urutan pencarian yang paling relevan yang untuk kata kunci dengan maksud pencarian informasi seperti cara pasang iklan di tiktok ini. Contoh lainnya pencarian dengan maksud transaksi seperti “jual rumah murah di Solo” ini ya. Google paham kalau yang dicari penggunanya adalah website marketplace yang spesifik untuk jual beli rumah. Google itu peduli pada optimasi untuk pengguna Bukan Algoritma.
Faktanya algoritma Google seperti BERT ya dan MUM, diterapkan agar google ini lebih manusiawi. ini menjadikan Google memahami maksud pencariannya, seperti maksud kita ingin mencari sesuatu di Google. Ada sih banyak trend yang baru di SEO tapi search inten ini yang akan terus berevolusi menjadi lebih baik di tahun ini.
Nah kuncinya miliki aset berupa website untuk brand anda dan optimalkan SEO nya dengan mengikuti kemauan Google ini, yaitu Search intent

2. Word of mouth

Ya ini strategi marketing yang jadul sebenarnya tapi masih akan menjadi trend Digital marketing di tahun ini sebuah strategi yang menjadi faktor suksesnya banyak Brand.
Buktinya adalah 83 persen responden dari 60 negara ini mempercayai rekomendasi dari teman atau keluarga dan 66 persen mempercayai rekomendasi online 88 persen pembeli online merasakan dampak word of mouth ini dari membaca review online ini sebagai pengaruh utama keputusan mereka membeli . Dan Word of mouth ini memang bisa kita lihat sendiri Buktinya ya seperti misalnya di kita lihat di berbagai interaksi diskusi dan konten yang dibagikan di media sosial user-generated content ya Misalnya tentang brand atau produk, seperti customer review Unboxing, kemudian shopee haul dan sejenisnya lah. Juga dari semakin populernya endorsement influencer. Influencer marketing itu memang salah satu metode Digital marketing tersendiri. Tapi basicnya ya word of mouth, ya orang itu lebih percaya orang lain yang ngomong dibanding brand-nya sendiri yang ngomong.
Nah kuncinya gunakan strategi marketing yang bisa mengoptimalkan Word of mouth ini

3. Omni-Channel Marketing

trend digital marketing 2022 untuk meningkatkan omset bisnis Anda

Omni-channel ini artinya memberikan kemudahan akses bagi konsumen untuk produk layanan hingga support di semua channel Ya baik platform atau perangkat aksesnya nah tren ini bisa kita lihat-lihat dari berbagai brand yang sekarang masuk penjualan ritel ya diperbaiki channel ya misal di marketplace. Ya seperti shopee Mall, kemudian di Instagram shop tiktok shop ya hingga di websitenya sendiri.
Di IKEA Anda bisa menghubungi layanan pelanggan lewat telepon chat wa dan email. Dan ini juga dibuktikan dari hasil riset pemisahan yang mengatakan bahwa terjadinya transaksi pembelian dari brand yang menggunakan oh my channel itu lebih gede 287 persen dibanding yang menggunakan satu channel saja.
Nah kuncinya ya optimalkan divisi marketing, divisi sales dan device support ya yang untuk bisnis Anda ini menggunakan OMNI channel

4. Video Marketing

Sudah enggak dipungkiri lagi ya sejak tahun 2021 lalu, video itu udah jadi standart konten di media sosial. Nah di Tahun 2022 ini ya, diprediksi akan menjadi tahunnya konten video.
Kita bisa lihat ya perkembangan dari Facebook watch Instagram reels, dan tik tok yang menjadi aplikasi paling  populer ya dan Rising Star 1 Million Club ya dan tentu saja sih pemain kawakan Youtube yang terus berinovasi dengan adanya YTShort. sudah banyak sih Pengguna internet yang paham ya ketika mencari konten video ringan ya mereka itu akan cari di tiktok ya di YouTube short atau Instagram Reels. Kalo untuk konten yang lebih mendalam indent dan berisi, mereka akan cari di Youtube dan menurut saya Ya video marketing ini akan terus jadi tren sepanjang Tahun 2022 dari data riset Whyzol.com ini.

Nah kuncinya ya konsisten gunakan konten video untuk seluruh marketing plan Anda Baik itu promosi maupun penjualan

jasa tik tok

Baca Juga :
Mengapa Bisnis Perlu Digital Marketing untuk Berkembang?
Kenali Pentingnya Branding Untuk Strategi Marketing yang Sukses Bagi Bisnis Anda

5. Kerja dari rumah

Ini Fakta yang semakin menguat semenjak pandemi 2 tahun lalu dengan populernya aplikasi Zoom meeting ya terus Google Meet, trello, Slank dan sejenisnya.
Nah kalau sebelum pandemi. Para digital marketer seperti saya ini udah banyak ya, Yang menjalankan kerjanya dari rumah dan semakin populer sekali sekarang dengan istilah NEW NORMAL. Nah Trend kerja dari rumah sebagai digital marketer itu semakin diburu oleh kaum milenial ya sebagai masa depan yang cerah. jadi jelas ya setelah pandemi berakhir pun ya kerja dari rumah ini akan terus menjadi trend. Berdasarkan riset dari Badan Riset dan Inovasi Nasional di Desember 2021 yang lebih dari setahun setelah pandemic para pekerja yang dulu ngantor ya saat ini udah mulai terbiasa dan beradaptasi dengan ritme kerja dari rumah Bahkan seorang penelitinya ya berpendapat bahwa sistem kerja dari rumah itu jauh lebih produktif daripada kerja dikantor Jadi apa yang dipaparkan dalam buku UNBOSS karya Lars Kolind dan Jacob Botter ini ya ini sekarang semakin menjadi kenyataan. Yang aneh ketika zaman mengarah ke era kerja dari rumah tapi justru ada perusahaan yang dijalankan dengan full systemasi digital ya, tapi ada yang masih ngantor itu untuk apa ? Kuncinya kalau perlu label punya office biar profesional kan bisa menggunakan jasa virtual office atau Co working Space.

Nah itulah 5 Tren dan Fakta Digital marketing di Tahun 2022 yang anda bisa ikuti polanya dan Anda terapkan untuk Bisnis Anda. Tertarik untuk belajar Privat Ilmu Digital Marketing ? Atau ingin bertanya lebih lanjut tentang Jasa Digital Marketing Agency untuk meningkatkan penjualan Anda ? Klik Tombol “Hubungi Kami”

Semoga Bermanfaat

Leave a Comment

Your email address will not be published.